Tentang YKAN

Siapa Kami

Senja di Padar
Brooklyn Bridge Park Brooklyn Bridge Park, New York © Kevin Arnold

Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) adalah organisasi nirlaba berbasis ilmiah yang hadir di Indonesia sejak 2014.

Memiliki misi melindungi wilayah daratan dan perairan sebagai sistem penyangga kehidupan, kami memberikan solusi inovatif demi mewujudkan keselarasan alam dan manusia melalui tata kelola sumber daya alam yang efektif, mengedepankan pendekatan nonkonfrontatif, serta membangun jaringan kemitraan dengan seluruh pihak kepentingan untuk Indonesia yang lestari.

Yayasan Konservasi Alam nusantara (YKAN) Kolaboratif, Berbasis Sains dan Inovatif.

Kami tetap menjalin kerja sama dengan TNC dalam mengembangkan program-program konservasi, di antaranya dengan mengembangkan pendekatan konservasi yang inovatif, melakukan kajian ilmiah, maupun berbagi pembelajaran.

Semut diantara 2 batu
Semut Semut (Solenopsis) melintasi celah di antara dua batu, Malang, Indonesia. © Alland Dharmawan

Nilai-Nilai YKAN

YKAN menganut nilai-nilai sebagai berikut:  

  1. Integritas Tanpa Cela: Kami memenuhi standar etika dan profesional tertinggi di seluruh aktivitas organisasi, dan untuk melakukannya, kami mengandalkan misi kami dan masyarakat.
  2. Penghormatan terhadap Masyarakat, Komunitas, dan Kebudayaan: Keberhasilan program konservasi yang dijalankan bergantung pada keterlibatan aktif masyarakat dan mitra, yang tempat tinggal dan aktivitas kesehariannya berada di kawasan konservasi kami. Kami menghormati kebutuhan, nilai-nilai, tradisi dan budaya masyarakat setempat, serta membangun hubungan berdasarkan sikap saling menguntungkan dan saling percaya.
  3. Komitmen terhadap Keberagaman: Kami menyadari bahwa konservasi keanekaragaman hayati akan lebih cepat berkembang melalui kepemimpinan serta kontribusi pria dan wanita dari berbagai latar belakang, keyakinan, dan budaya. Untuk memenuhi kebutuhan organisasi, kami akan merekrut dan membimbing staf yang mewakili berbagai karakter.
  4. Satu Konservasi: Kekuatan dan vitalitas kami sebagai organisasi adalah bekerja sama di tingkat lokal dan lintas batas untuk mencapai misi global. Kami menghargai upaya kolektif dan kolaborasi yang berperan penting dalam mencapai keberhasilan.
  5. Hasil yang Nyata dan Berkelanjutan: Misi kami untuk melindungi keanekaragaman hayati menjadi landasan dari setiap program kegiatan kami. Kami menerapkan metode sains terbaik, kreativitas, dan pendekatan nonkonfrontatif untuk menghasilkan solusi inovatif dalam mengatasi masalah konservasi yang rumit pada skala yang tepat dan dengan cara yang dapat bertahan lama.
Tampilkan selebihnya Tampilkan lebih singkat
test mungkin
Joan Jones Portman Trail Overlook along the Joan Jones Portman Trail © Randall Schieber

Capaian Yayasan Konservasi Alam Nusantara di 2021

Dalam melaksanakan misi konservasi, YKAN dan mitra bekerja sama mendukung pemerintah Indonesia di 10 provinsi di Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Bali dan Papua Barat.