Perspektif

Bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara, The Nature Conservancy, & Disney Lindungi Spesies Laut Indonesia Lewat Kampanye “Keep Our Oceans Amazing”

Healthy reef with bright blue ocean water in the background.
Surga taman bawah laut Pemandangan taman bawah laut dari situs menyelam Karang Shadow di Raja Ampat, Papua Barat. © Purwanto Nugroho/TNC Photo Contest 2019

20th Century Studios telah merilis “Avatar: The Way of Water” yang mengajak penonton menyelami dunia imajinasi, memanjakan mata sekaligus menggugah rasa. Dalam rangka peluncuran film "Avatar" kedua, yang mulai tayang 14 Desember 2022, 20th Century Studios dan The Nature Conservancy melaksanakan kampanye “Keep Our Oceans Amazing” untuk melindungi 10 spesies laut yaitu paus beluga, paus biru, hiu paus, penyu sisik, manatee, pari manta, ikan kakatua, karang staghorn, singa laut, dan mangrove, yang terkoneksi langsung dengan keindahan Pandora.

Sebagai mitra utama The Nature Conservancy di Indonesia, Yayasan Konservasi Alam Nusantara mendukung kampanye ini. Terlebih, tujuh dari 10 spesies laut yang menjadi target pelestarian di dalam inisiatif “Keep Our Oceans Amazing” dapat ditemukan di Indonesia.

Avatar Keep Our Oceans Amazing logo lockup
Avatar: The Way of Water Keep Our Oceans Amazing © 2022 20th Century Studios

Avatar Keep Our Oceans Amazing

Dua per tiga wilayah Indonesia merupakan perairan yang menopang kehidupan bagi lebih dari 60 persen penduduk dan memiliki keanekaragaman hayati laut tertinggi di dunia.

Laut memiliki makna besar bagi setiap insan, di mana pun berada. Kita bergantung pada laut sebagai sumber pangan, penghidupan, koneksi pada budaya, bahkan untuk kualitas udara yang kita hirup.

Kenali 7 spesies laut yang menjadi bagian dari misi pelestarian laut “Keep Our Oceans Amazing”.

Penyu Sisik Raut wajah penyu sisik di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. © Awaludinnoer Ahmad/YKAN

Penyu Sisik

Penyu sisik menghabiskan sebagian besar waktunya di laguna dan terumbu karang. Mereka mengonsumsi spons sehingga memberi ruang bagi karang untuk tumbuh. Mereka juga menjaga populasi ubur-ubur dan mengonsumsi banyak invertebrata lainnya. Lebih dari 100 spesies dapat hidup di cangkang penyu sisik.

Aerial shot of blue whale and calf in ocean.
Paus Biru dan Anaknya Fotografer berhasil mengabadikan momen langka paus biru dan anaknya dari ketinggian. © Fernando O'Farrill/TNC Photo Contest 2022

Paus Biru

Dengan berat sekitar 200 ton, hewan ini mendapat peringkat hewan terbesar di dunia. Paus biru dewasa mengonsumsi hingga empat ton krill setiap hari dan usianya dapat mencapai 90 tahun. Raksasa lautan ini pun berperan penting dalam menjaga kesehatan ekosistem laut.

Mangrove Benteng pertahanan kawasan pesisir yang juga berperan penting untuk mitigasi perubahan iklim. © Nugroho Arif Prabowo/YKAN

Mangrove

Hutan mangrove menyediakan habitat dan perlindungan bagi lebih dari 3.000 spesies ikan, dapat menyimpan karbon sebesar 3 hingga 5 kali lebih banyak daripada hutan dataran tinggi tropis, dan menyediakan mata pencaharian bagi lebih dari 120 juta orang.

Kehidupan Bawah Air Sensasi menyelam bersama pari manta menjadi salah satu daya tarik wisata selam di Nusa Lembongan, Bali. © Isaak Schiller/TNC Photo Contest 2021

Pari Manta

Populasi spesies cerdas yang memiliki lebar sayap hingga 9 meter ini terus terancam. Dalam Bahasa Spanyol, Manta berarti selimut atau jubah. Saat makan, pari manta berenang dengan mulut terbuka lebar untuk menarik plankton dan krill. 

Upaya Pelestarian Penyu di Rote Pemerintah dan masyarakat bekerja sama dalam pelestarian penyu di Rote, Nusa Tenggara Timur.
Ikan Kakatua Keindahan ikan kakaktua yang tertangkap kamera di sekitar wilayah Kampung Arborek, Raja Ampat, Papua Barat. © Awaludinnoer Ahmad/YKAN

Ikan Kakatua

Ikan yang memiliki warna-warni cantik ini hidup di terumbu karang. Makanan utama ikan kakatua adalah alga dan karang. Dengan gigi yang terletak di dalam tenggorokannya, ikan kakatua menghancurkan karang menjadi serpihan kecil dan halus yang menciptakan pasir putih dan membentuk pantai yang indah.

Karang Staghorn Karang Staghorn yang sehat dan ikan karang di terumbu di lepas pantai Kofiau. Kofiau adalah bagian dari Kepulauan Raja Ampat di Indonesia, terletak di Segitiga Terumbu Karang, sebuah kawasan yang memiliki keanekaragaman spesies laut dan karang terkaya di dunia. © Awaludinnoer Ahmad/YKAN

Karang Staghorn

Diberi nama “Karang Staghorn” karena kemiripannya dengan tanduk atau horn dalam Bahasa Inggris. Karang dengan pertumbuhan tercepat ini tumbuh hingga 4-8 inci per tahun. Sayangnya, karang staghorn dapat dengan mudah rusak oleh badai dan aktivitas manusia.

Berenang di antara Ikan Seekor hiu paus terlihat di perairan Teluk Cenderawasih, Papua Barat. © Neil Vincent/TNC Photo Contest 2019

Hiu Paus

Hiu paus dapat tumbuh hingga hampir 10 meter yang menjadikannya ikan terbesar yang hidup saat ini. Sering disebut "si raksasa lembut", mereka memakan plankton dan melakukan perjalanan jauh untuk mencari makanan. Bintik putih di tubuhnya membuatnya mudah dikenali.

undersea coral restoration